Penilaian Kearsipan Tahap 2 Desa Rowobranten

Serangkaian Lomba Pengelolaan Arsip tingkat Desa ke-2 se-Kabupaten Kendal Tahun 2019, Dinas Arsip dan Perpustakaan setempat melaksanakan penilaian terhadap Desa Rowobranten yang merupakan duta Kecamatan Ringinarum.
Berlangsung di Kantor Kepala Desa Rowobranten Kecamatan Ringinarum, Jumat (03/05) kemarin. Penilaian yang dilakukan oleh Tim PPPA Kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kendal itu adalah yang kedua.
Sebelumnya, penilaian pertama dilaksanakan di Desa Rowobranten selaku wakil Kecamatan Ringinarum.
Menurut Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng, Ibu Endang, kegiatan itu digelar tidak serta merta untuk kepentingan meraih juara semata.
“Namun yang harus ditekankan adalah bagaimana sistem pengelolaan arsip di masing -masing desa maupun kelurahan sebagai ujung tombak lembaga pemerintah  dengan masyarakat,”terangnya.
Ia berharap tenaga pengelola arsip mampu mengetahui tata cara pelaksanaan pengarsipan dalam lingkup pemerintah Desa dan berlanjut ke tingkat OPD lingkup Pemmerintahan Kabupaten/Kota.
“Sehingga pada saat melaksanakan program kegiatan untuk masyarakat, nilai arsip akan berguna sebagai langkah dalam menentukan gagasan, ide dan pengambilan keputusan,” lanjut beliau.
Disamping itu lanjut Ibu Endang, arsip statis dapat pula digunakan sebagai objek destinasi wisata sejarah sebuah desa ataupun kelurahan.
‘Sehingga masyarakat tahu, bagaimana perjalanan sebuah peristiwa dan pada akhirnya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya dan Kabupaten Kendal pada umumnya,”pungkasnya.
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan