visi misi

VISI DAN MISI DESA ROWOBRANTEN

 Berdasarkan Peraturan Desa Rowobranten Nomor 02 Tahun 2017 Tentang Rencana Pembangunan Jangkah Menengah Desa (RPJM Desa) (Nama Desa) Tahun  2017-2022, maka seluruh rencana program dan kegiatan pembangunan yang akan dilakukan oleh desa secara bertahap dan berkesinambungan harus dapat menghantarkan tercapainya Visi – Misi Desa. Visi – Misi Desa Rowobranten disamping merupakan Visi-Misi Calon Kepala Desa terpilih, juga diintegrasikan dengan kebutuhan bersama masyarakat desa dimana proses penyusunannya dilakukan secara partisipatif mulai dari tingkat Dusun/RW sampai tingkat Desa. Adapun Visi Desa Rowobranten adalah sebagai berikut :

  1. Visi

 Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan desa. Penyusunan Visi Desa Rowobranten ini dilakukan dengan pendekatan partisipatif, melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan di Desa Rowobranten seperti pemerintah desa, BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, lembaga masyarakat desa dan masyarakat desa pada umumnya. Pertimbangan kondisi eksternal di desa seperti satuan kerja wilayah pembangunan di Kecamatan. Maka berdasarkan pertimbangan di atas Visi Desa Rowobranten adalah  :

TERBANGUNYA TATA KELOLA PEMERINTAHAN DESA YANG BAIK DAN BERSIH GUNA MEWUJUDKAN KEHIDUPAN MASYARAKAT DESA YANG ADIL, MAKMUR DAN SEJAHTERA “

     2. Misi

Misi adalah langkah-langkah yang akan dilakukan guna mewujudkan visi. Sehingga guna mewujudkan visi Desa Ringinarum maka telah ditetapkan misi-misi yang memuat sesuatu pernyataan yang harus dilaksanakan oleh desa agar tercapainya visi desa tersebut. Pernyataan visi kemudian dijabarkan ke dalam misi agar dapat di operasionalkan/dikerjakan. Sebagaimana penyusunan visi, misipun dalam penyusunannya menggunakan pendekatan partisipatif dan pertimbangan potensi dan kebutuhan Desa Rowobranten, sebagaimana proses yang dilakukan, maka misi Desa Ringinarum adalah:

  1. Meningkatkan kualitas kinerja Aparatur Pemerintah Desa dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat.
  2. Menyelenggarakan Pemerintah Desa yang bersih, terbebas dari korupsi serta bentuk bentuk penyelewengan.
  3. Menyelenggarakan Pemerintahan Desa secara terbuka dan bertanggung jawab sesuai dengan peraturan perundang undangan.
  4. Meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pendampingan berupa penyuluhan khusus kepada UKM, wiraswasta dan petani.
  5. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk mencapai taraf kehidupan yang lebih baik dan layak sehingga menjadi Desa yang maju dan mandiri.

 STRATEGI DAN KEBIJAKAN

 Berdasarkan visi dan misi yang ada, maka strategi dan arah kebijakan desa dititikberatkan kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Program Desa Rowobranten dilaksanakan dengan mengacu pada strategi-strategi yang disusun berdasarkan kondisi sosial ekonomi masyarakat. Maka ditempuh 6 (enam) strategi yaitu :

  1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas Pemerintahan Desa dan BPD.
  1. Meningkatkan pembangunan desa dengan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat desa.
  2. Melaksanakan program pemberdayaan masyarakat desa.
  3. Meningkatkan partisipasi masyarakat di dalam pembangunan desa agar desa menjadi berkembang dan mandiri.
  4. Terciptanya lingkungan yang berkualitas.
  5. Terwujudnya pelayanan masyarakat yang prima didasarkan pada pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa.

Menetapkan Desa Rowobranten Kecamatan Ringinarum sebagai Desa yang lebih maju dalam membangun Desa dengan kebersamaan dan fokus pengembangan ekonomi yaitu pada pertanian dan usaha ekonomi mikro yang memiliki keunggulan komparatif dan diandalkan untuk dapat bersaing dengan desa maupun daerah lainnya untuk dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

Menyusun langkah-langkah operasional pembangunan Desa, yaitu :

  1. Orientasi pengembangan diarahkan pada peningkatan ekonomi masyarakat
  2. Peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan
  3. Peningkatan peran masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat
  4. Meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui peduli kesehatan
  5. Melestarikan kehidupan sosial masyarakat yang berdasarkan nilai-nilai religius
  6. Meningkatkan kualitas pelayanan berbasis teknologi informasi.

Menetapkan prioritas pengembangan desa, yaitu :

  1. Pembangunan Desa diarahkan pada infrastruktur pedesaan
  2. Pembangunan sarana dan prasarana umum
  3. Pembangunan fasilitasi penunjang pembangunan ekonomi

 

Facebook Comments